anha

Sabtu, 23 Februari 2013

Karya Tulis Ilmiah Tentang Bahaya Rokok


Dampak/Bahaya Merokok Bagi Kesehatan
Bab 1
Ø  Pendahuluan
1.1.Latar Belakang
Sangat ironis memang bahwa manusia sangat memperhatikan keseimbangan alam akibat proses pembakaran bahan bakar oleh industry yang mengeluarkan polusi, tetapi dilain pihak orang-orang dengan sengaja mengalirkan gas produksi pembakaran rokok-rokok ke paru-paru mereka. Kebiasaan merokok telah menjadi budaya diberbagai bangsa di belahan dunia. Mayoritas perokok diseluruh dunia ini, 47 persen adalah populasi pria sedangkan 12 persen adalah populasi wanita dengan berbagai kategori umur. Latar belakang merokok beraneka ragam, di kalangan remaja dan dewasa pria adalah faktor gengsi dan agar disebut jagoan, malahan ada salah satu pepatah menarik yang digunakan sebagai pembenar atas kebiasaan merokok yaitu `ada ayam jago diatas genteng, ngga merokok ngga ganteng`. Sedangkan kalangan orang tua, stres dan karena ketagihan adalah faktor penyebab keinginan untuk merokok. Berbagai alasan dan faktor penyebab untuk merokok diatas biasanya kalah seandainya beradu argumen dengan pakar yang ahli tentang potensi berbahaya atas apa ditimbulkan dari kebiasaan merokok baik bagi dirinya sendiri, orang lain dan lingkungan. Harus diakui banyak perokok yang mengatakan bahwa merokok itu tidak enak tetapi dari sekian banyak pamflet, selebaran, kampanye anti rokok, sampai ke bungkus rokoknya diberi peringatan akan bahaya kesehatan dari rokok, tetap tak bisa mengubris secara massal berkurangnya kebiasaan merokok dan jumlah perokok.
1.2. Rumusan Masalah
Dari latar belakang yang telah kami uraikan , maka masalah yang akan kami bahas :
1.         Apa dampak dari merokok?
2.         Zat apa yang terkandung di dalam dan yang paling bahaya?
3.         Bagaimana cara mengupayakan masalah rokok di sekolah?
4.         Apa factor penyebab perilaku merokok pada remaja?
1.3.Tujuan Penulis
-          Untuk mengetahui bahaya merokok.
-          Untuk mengetahui factor-faktor penyebab perilaku merokok pada remaja.
-          Untuk mengetahui apa itu rokok.
1.4.Metode Penulisan
Metode yang di gunakan :
-          Deskriptif
-          Kajian pustaka dilakukan dengan mencari literature di internet di buku-buku panduan.
1.5.Sistematika Penulisan
Bab 1 Pendahuluan
1.1.Latar Belakang Masalah
1.2.Rumusan Masalah
1.3.Tujuan Penulisan
1.4.Metode Penulisan
1.5.Sistematika Penulisan

Bab II
Ø  Pembahasan
2.1. Pengertian Rokok
Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah di cacah.
2.2. Dampak dari merokok
- Dapat menyebabkan kanker
- Merusak paru-paru
- Dapat mengganggu kehamilan dan janin
2.3. Faktor penyebab merokok pada remaja
1.      Faktor orang tua dan keluarga
Misalnya orang tuanya perokok, anak-anaknya juga ingin mencoba bagaimana rasa orang merokok.
2.4. Upaya mengatasi rokok
Merokok di sekolah yang dilakukan siswa kini semakin banyak, itu dikarenakan siswa yang satu mengajak siswa yang lainnya atau dikarenakan oleh faktor pergaulan. Oleh karena itu para guru lebih ketat lagi dalam melakukan pengawasan dengan mengelilingi tempat-tempat yang sering dijadikan tempat merokok.
Bab III
Ø  Penutup
3.1. Simpulan
Melihat kenyataan yang ada pada uraian sebelumnya, dapat dikatakan rokok itu lebih banyak dampak negatifnya daripada positifnya. Apabila hal ini dibiarkan terus menerus berlangsung, maka akan mengakibatkan permasalahan yang serius pada kesehatan tubuh manusia. Dan seharusnya masyarakat sadar akan bahaya meroko bagi kesehatan tubuh mereka. Namun hal itu masih sulit dilakukan di Indonesia.
3.2. Saran
Setelah membaca karya tulis ini, semoga masyarakat dapat tersadarkan akan bahaya rokok bagi kesehatan mereka dan segera meninggalkan kebiasaan merokoknya, supaya kesehatan mereka tetap terjaga dan nantinya menjadikan tubuh mereka sehat bugar dan terhindar dari penyakit yang mengancam jiwa mereka.  


모든 감사
Merhy Anha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar